Barong Beach Cultural Performance Akan Hadir di Pembukaan Lounching Savanna Beach Pakem

oleh -24 Dilihat

Buser86.id // Banyuwangi – Dalam acara yang bertemakan “Barong Beach Cultural Perfomance” Yang diselenggarakan oleh masyarakat pengelola tempat Wisata Savana Beach Pakem Kelurahan Kertosari untuk mengalahkan Seni Tradisional hiburan rakyat yang mulai bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19.(9/12/2022)

Rencana kegiatan yang akan berlangsung pada hari Minggu, 25/12/2022 yang juga bertepatan dengan hari libur nasional yang juga di peringati oleh umat Kristiani yang ada di seluruh dunia dalam merayakan hari Natal, giat yang rencananya di adakan pada pukul 07.00 Wib s/d -17.00 Wib sebagai ajang silaturahmi antar Seniman Barong.

Ketua RT 03 /RW 02 Lingkungan Pakem Kelurahan Kertosari Mahmudi menjelaskan, kegiatan kesenian yang dilangsungkan dalam rangka untuk pelestarian kesenian Barongan sebagai warisan budaya asli Indonesia yang wajib kita pertahankan kepada generasi muda Banyuwangi.

Selain itu kegiatan yang berlangsung bentuk dari kerjasama antara Pokdarwis bersama Kelompok Masyarakat sekitar yang menggandeng LPKMI (Lembaga Pemberdayaan dan Kreativitas Masyarakat Indonesia), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Satpolairud serta Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Banyuwangi.

Ketua LPKMI Banyuwangi Suhariyanto mengatakan, kegiatan yang sangat positif dalam mengenalkan kesenian tradisional yang di kemas dengan suatu kegiatan mempertunjukkan hasil karya dari masyarakat pesisir sebagai pendapatan ekonomi keluarga masyarakat dalam memanfaatkan limbah yang bisa di daur ulang sebagai maha karya yang memiliki nilai jual.

“Yang sebelumnya kelompok masyarakat dan pokdarwis telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari dinas terkait dalam mengasah kreativitas dalam bidang karya seni dengan pemanfaatan barang yang masih layak dan memiliki nilai ekonomis”.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Perindustrian) Nanin Oktaviantie Banyuwangi menjelaskan, pihaknya akan memberikan wadah kepada Kelompok Masyarakat dan Pokdarwis dalam melakukan pemasaran serta memberikan pelatihan terhadap masyarakat dalam mengembangkan potensi tempat wisata yang ada sesuai dengan tupoksi dari dinas Koperasi yang menaungi dari bidang UMKM dan Perindustrian.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Bramuda, yang di wakili oleh Wakil Kepala dinas Ridho menurut Ridho kegiatan kesenian Barong Beach yang di selenggarakan oleh kelompok masyarakat yang mengajak peran serta dinas terkait patut di berikan apresiasi/acungin jempol karena giat tersebut merupakan giat yang sangat positif dalam pelestarian kesenian Barong yang ada di Banyuwangi.

Harapannya kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama dapat menarik animo masyarakat untuk datang dan memeriahkan acara Barong beach yang akan di selenggarakan pada tanggal 25/12/2022 dengan biaya tiket masuk 5000/orang uang dari uang tersebut nantinya untuk pengelolaan tempat wisata Savana Beach.

Ditempatkan yang berbeda, Kanit Binmasair Aiptu I Gede Eka D menghimbau kepada panitia untuk menjaga keamanan, kenyamanan serta menciptakan situasi yang kondusif di wilayah kawasan savana beach dan untuk terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk keberlangsungan acara yang akan dilakukan. Pungkas (Tim 86)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.