Cerita Rakyat Banyuwangi Menjadi Daya Tarik Wisata Dunia

oleh -559 Dilihat
oleh

 

Buser86.id // BANYUWANGI, – Tema yang disampaikan oleh Budayawan dan Pemerhati Adat Tradisi Osing Aekanu Hariyono pada acara Workshop Penulisan Cerita Legenda Urban Banyuwangi di Ruang Adi Kardono Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi adalah “Cerita Rakyat Banyuwangi Menjadi Daya Tarik Wisata Dunia” (27 Januari 2023).

Acara diikuti puluhan siswa SMA dan para mahasiswa yang dikomandani Muttafaqur Rohmah ini sangatlah menarik. Ira Rachmawati sungguh keren dalam membawa alur diskusi yang mengantar para nara sumber diantaranya Aekanu Hariyono, Fredy Fredatore dan H. Abd Fauzi.

Penampilan khas Aekanu Hariyono yakni berlagak seperti Toekang Tjerita dalam menyampaikan materi, kadang berteriak sehingga membuat peserta terkaget.

Beberapa cerita rakyat Banyuwangi yang pernah ditulis oleh Aekanu terbukti telah menarik perhatian wisatawan mancanegara (tourist) karena dirasa spesifik cerita dan ilustrasinya juga ditulis dalam bahasa mereka sehingga mudah untuk memahami isi dan pesan moralnya.

Pesan moral sangat penting sebagai amanat dalam sebuah cerita yang ingin disampaikan oleh Aekanu kepada pembaca. Pesan yang ingin disampaikan umumnya berupa nilai-nilai baik yang dapat dijadikan sebagai suri teladan ataupun contoh yang baik bagi para pembaca.

Para peserta Workshop sangat antusias dan selalu memperhatikan setiap materi yang disampaikan oleh para Nara sumber serta rata rata mereka tertarik dengan cerita fiksi yang berbau mistis.

Aekanu yang juga sebagai salah satu pengurus Komunitas Osing Pelestari Adat Tradisi (Kopat) Banyuwangi berharap “Semoga muncul para penulis penulis muda yang mengangkat cerita yang ada pesan moral berasal dari Banyuwangi yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dan dikenal pembaca baik dari dalam maupun dari luar negeri, ” harapnya.
Pungkas
(Tim 86)

No More Posts Available.

No more pages to load.