Dampingi Keamanan Aksi Damai GERSTUK, Polresta Palangka Raya Lakukan Pam

oleh -135 Dilihat
oleh

Buser86.id (Kalteng) Palangka Raya – Aksi damai kembali digelar oleh Gerakan Solidaritas Untuk Kinipan (GERSTUK), yang merupakan aksi damai lanjutkan ke dua belas dari organisasi masyarakat (ormas) tersebut.

 

Guna mendampingi keberlangsungan aksi damai tersebut, Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng pun melakukan pengamanan (pam) yang bertempat di Kantor Pengadilan Tipikor Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (28/4/2022) pagi.

 

Pam itu pun dilakukan oleh puluhan orang personel Polresta Palangka Raya dengan dipimpin oleh Kanit Dalmas Satuan Samapta, Iptu Wimbo Nirwono, yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

 

“Pam kami lakukan guna mendampingi keberlangsungan aksi damai serta menjaga kondisi keamanan dan ketertibannya, yang tentunya dengan tetap mengedepankan sikap yang humanis, dialogis namun juga tegas serta menjunjung tinggi HAM,” tegas Iptu Wimbo.

 

Massa peserta aksi damai pun melakukan aksi damainya dengan menyampaikan aspirasinya diluar pintu pagar Pengadilan Tipikor dengan cara memasang spanduk dipintu pagar pengadilan Tipikor dan membawa pamflet yang berisi tuntutan, serta massa duduk depan pagar berdiskusi sesamanya tidak melakukan orasi.

 

“Silahkan untuk melaksanakan aksi damai dengan tertib dan sesuai dengan hukum yang berlaku, kehadiran kami disini murni untuk melakukan pam dan pendampingan dengan bersifat netral tanpa memihak siapa pun,” imbau Wimbo.

 

Pengamanan yang dilakukan Polresta Palangka Raya itu pun berlangsung dengan mengerahkan pasukan Pengendalian Massa (Dalmas) Awal dengan eskalasi hijau sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Cara Bertindak (CB) yang berlaku dalam Polri.

 

Selain mengerahkan pasukan dalmas awal, Polresta Palangka Raya juga mensiagakan beberapa kendaraan dinasnya pada lokasi berlangsungnya aksi damai, guna diperuntukkan bagi massa apabila membutuhkan bantuan evakuasi.

 

“Beberapa kendaraan dinas kami siapkan bagi massa aksi damai apabila memerlukan bantuan evakuasi, mengingat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dapat terjadi kapan dan dimana saja,” pungkas Wimbo.

 

Aksi damai itu pun berlangsung hingga sekitar pukul 10.30 WIB begitu juga dengan pam yang dilakukan oleh Polresta Palangka Raya, dengan situasi maupun kondisi selama kegiatan berjalan aman, tertib, damai dan kondusif.

(@nton)

No More Posts Available.

No more pages to load.