Danpuspomad Napak Tilas Pembentukan Divisi Gajah Mada

oleh -3339 Dilihat

Jakarta, Buser86.id – Bertempat di Hotel Kopeng dalam area Taman Wisata Kopeng Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc., didampingi Ketua Persit KCK Pengurus Cabang BS Pusposmad Ny. Tamara Chandra W. Sukotjo melaksanakan napak tilas pembentukan Divisi Gajah Mada yang merupakan cikal bakal Coprs Polisi Militer TNI Angkatan Darat.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Puspomad, Sabtu (28/5/2022), latar belakang dilaksanakannya napak tilas ini didasari adanya peristiwa pada tanggal 20-22 Juni 1946 di Hotel Kopeng sebagai tempat diselenggarakannya Konferensi Polisi

Tentara Jawa Madura, dengan peserta terdiri dari unsur- unsur pimpinan Polisi Tentara Jawa Madura, antara lain, Kapten Polisi Tentara S Parman,  Jenderal Mayor Polisi Tentara R Santoso, Kolonel Polisi Tentara R Prabu Sunaryo,  Kapten Polisi Tentara M.J Prayogo, Letnan Satu Polisi Tentara Sutoyo Siswo Miharjo, Kolonel Dokter Sucipto, dan diikuti pula para ahli hukum pada masa itu

diantaranya Prof. Mister Dr.Soepomo (Perumus Naskah Pancasila dan UUD  1946) Prof. Mister. Djoko Soetono (Guru Besar Hukum dan Kepolisian), Mister Sayid Mangunyudha, dan beberapa ahli hukum lainnya.

Kemudian pada tanggal 22 Juni 1946 saat Konferensi Polisi Tentara tersebut menyepakati pembentukan Divisi Polisi Tentara yang dikenal dengan Divisi Gajah Mada yang kemudian peristiwa ini diperingati sebagai hari lahirnya Polisi Militer Angkatan Darat, yang  selanjutnya dikuatkan dengan SK KSAD Nomer 340/5/1959 tertanggal 20 Mei 1959 menetapkan 22 Juni sebagai Hari Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad).

Hadir dalam acara ini Dircab Puspomad Brigjen TNI Ekoyatma Parnowo, Kapuslesmasmil Babinkum TNI Brigjen TNI Eka Wijaya, Danpomdam IV/Dip Kolonel Cpm Rory Ahmad Sembiring dan Sekda Kabupaten Semarang serta Forkopimda Kabupaten Semarang. Kegiatan diawali dengan sambutan Danpomdam IV/Dip Kolonel Cpm Widyo Wahyono, dilanjutkan Sambutan Danpuspomad.

Dalam sambutannya, Danpuspomad  menyampaikan agar ke depannya prajurit Pomad  selalu menggali sejarah Pomad untuk memperoleh kebenaran sejarah Pomad.

Dihadirkan pula Panji Hanief Gumilang, S.E., M.M. (Kasi Sejarah,Cagar Budaya, Museum dan Pamong Budaya pada Dinas Kebudayaan dan  Pariwisata Kota Salatiga, Jawa Tengah) sebagai narasumber yang menjelaskan tentang sejarah Kopeng dan Sejarah terbentuknya Polisi Militer.

Selesai penjelasan tentang aejarah Hotel Kopeng, dilanjutkan acara ramah tamah dan diakhiri dengan foto bersama, kemudian Danpuspomad beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Yogyakarta.

Reporter : Aan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.