KUALITAS UDARA KURANG SEHAT BUPATI IMBAU MASYARAKAT BATASI KELUAR RUMAH DAN PAKAI MASKER

oleh -210 Dilihat

Buser86.id//KETAPANG, Prokopim – Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos mengimbau agar orang tua dan anak-anak khususnya yang mengidap penyakit berkaitan dengan pernafasan membatasi keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak dan pakai masker.

Imbauan Bupati tersebut berkenaan dengan kondisi udara Kabupaten Ketapang saat ini yang mana Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PERKIM-LH) telah mengumumkan bahwa kualitas udara di Ketapang saat ini masuk dalam kategori tidak sehat, akibat dari kabut asap yang kian pekat imbas dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) belakangan ini.

“Saya berharap agar orang tua dan anak-anak khususnya yamg mengidap penyakit berkaitan dengan pernapasan agar membatasi keluar rumah dan memakai masker.” Himbau Bupati kepada media, Selasa, (5/9/23) sore.

Selanjutnya Bupati juga memberi apresiasi pada RSUD. Agoesdjam Ketapang yang telah mengambil langkah-langkah takstis menyikapi kondisi udara di Ketapang terkini. Beliau juga berharap agar upaya yang telah dilakukan oleh RSUD. Agoesdjam tersebut mendapat dukungan semua pihak.

“Langkah rumah sakit sudah bagus dan perlu mendapat dukungan semua pihak” Ajak Bupati

Terpisah, Direktur RSUD dr. Agoesdjam Ketapang, Feria Kowira saat dimintai konfirmasi oleh media menyikapi kondisi udara kurang sehat yang dirasakan oleh masyarakat saat ini.

Menurut Feria, pasien Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) belum signifikan, meski kabut asap sudah menyelimuti pusat kota Kabupaten Ketapang beberapa hari terakhir ini.

Kendati demikian, kata Feria RSUD Ketapang sudah bersiap dalam menghadapi lonjakan kasus ISPA, mengingat kualitas udara sudah dalam kategori tidak sehat.

“Peningkatan kasus ISPA belum signifikan ya, tapi kita sudah siap-siap, seperti obat-obatan dan tempat tidur pasien, termasuk tenaga medisnya,” ujar Feria Kowira, Selasa (5/9/2023).

Selanjutnya Feria meminta kepada warga terutama anak-anak untuk menghindari aktifitas di luar ruangan, jika tidak ada hal yang mendesak. Jika pun harus keluar, kata Feria wajib menggunakan masker.

“Konsumsi makanan bergizi, minum vitamin atau suplemen makanan, itu penting dengan kondisi lingkungan seperti ini, minum air putih, yang penting jaga kesehatan,” pesannya. (sh/ndi)

S. Hadi, S.ST.,M.A.P.
Analis Media Bagian Prokopim Setda. Ketapang

No More Posts Available.

No more pages to load.