Mudik Lebaran Aman dan Sehat, Rumkit Bhayangkara Gelar Test Urine Sopir Bus di Terminal AKAP W.A GARA

oleh -59 Dilihat

Buser86.id (Kalteng) Palangka Raya – Memasuki masa arus mudik Lebaran 2022, puluhan sopir bus di Terminal AKAP W.A GARA Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya menjalani tes urine yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Mobile (Kesmob) Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya, Jumat (29/4/22) sore.

 

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto melalui Ketua Tim Kesmob Ipda dr. Rizka Damayanti menuturkan kegiatan tersebut sebagai bentuk antisipasi terhadap penggunaan doping narkoba saat perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah di wilayah Kalimantan Tengah.

 

Seperti disampaikan dr. Rizka, ada puluhan sopir dari berbagai perusahaan yang terpilih untuk dilakukan tes urine di lokasi.

 

“Dari delapan sopir yang dites secara acak saat mau melaksanakan keberangkatan, hasil tes urine semua dinyatakan negatif,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, dr. Rizka mengatakan pelaksanaan tes urine tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama masa mudik Lebaran yang diakibatkan dari kelalaian sopir bus mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang.

 

“Sehingga diharapkan kondisi sopir saat mengendarai bus selalu terpantau sehat dan penumpang aman dan nyaman,” ujarnya.

 

dr. Rizka menambahkan, tes urine bagi sopir bus di kawasan Terminal AKAP W.A GARA akan terus dilakukan secara acak dan tak terduga sehingga mudik lebaran berlangsung aman nyaman dan lancar.

 

“Jika ditemukan hasil tes urine yang positif, kami akan langsung memanggil PO bus agar diminta mengistirahatkan sopir atau kondektur yang terindikasi positif. Sementara yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satresnarkoba,” ungkapnya.

 

Selain melakukan tes urine, pihaknya juga memasifkan ajakan kepada masyarakat untuk tidak ragu menjalani vaksinasi bagi yang belum bervaksi.

 

“Karena vaksinasi merupakan salah satu syarat dalam melaksanakan mudik lebaran tahun ini,” tutup dr. Rizka.

(@nton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.