Polres Nias melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2022

oleh -102 Dilihat

Buser86.id // Gunungsitoli – Kepolisian Resor Nias melaksnakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2022, bertempat di Halaman Apel Mapolres Nias Jalan Bhayangkara No.01 Kel. Ilir Kota Gunungsitoli, Jum’at pagi (22/04/2022).

Bertindak selaku Pembina Apel adalah Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si, Perwira Apel Kasat Pol Airud AKP A. Lase dan Komandan Apel Kanit Gakkum Sat Lantas IPDA B. Sianturi, S.E., turut hadir Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, S.I.K., Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Martky Jaya Perangin-angin, Kadis Hub Kota Gunungsitoli Meiman Kristian Harefa, S.Sos.,M.SP, Kadis Hub Nias Utara Folo’o Hulu, KA Satpol PP Nias Utara Emala Zebua, Kepala Badan Kesbangpol Kota Gunungsitoli Alvin Harefa, S.E., Sekretaris BPBD Kab. Nias, Radius Bate’e, A. MD, Waka Polres Nias AKBP Eniali Hulu,S.H.,M.H., Kabag Ops Polres Nias Kompol S.K. Harefa ,S.Pd.,M.H., Kabag Ren Polres Nias Kompol Arius Zega,S.H., M.H., Kabid Lalin Dishub Kab. Nias Nisman S. Zalukhu, Mewakili Kepala PLN UP3 Nias Wisnu Adi Wardana (Supervisor Konstruksi), Manajer bisnis dan teknik pelindo Gunungsitoli Alfensius Romiko, Mewakili Kepala Dinkes Kota Gunungsitoli N. Mawarlin Zega, Mewakili Kepala BPBD Gunungsitoli Dalimano Zalukhu (Kabid peralatan dan logistik), Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kota Gunungsitoli Andy Sofian, S.H., M.H., Danpos AL Gunungsitoli Kapten Hery Wahyudi, Dan Sub Den Pom Nias Kapten CPM Desmon Simamora, Para Kapolsek Jajaran Wilkum Polres Nias.

Operasi Ketupat -2022 ini dilaksanakan selama 12 hari mulai 28 April 2022 s/d 09 Mei 2022, pengamanan Fokus terhadap 101.700 Objek di seluruh Indonesia baik Masjid, Lokasi Wisata, Pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, Stasiun Kereta Api dan bandara dengan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya, yang ditempatkan pada 1.710 pos pengamanan dan 734 pos Pelayanan serta 258 Pos terpadu.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2022 tersebut Yusman Zega, A.Pi., M.Si Selaku Pembina Apel membacakan amanat Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.SI, “ Perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan Libur Nasional hari Raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan Cuti bersama tanggal 29 April 2022 dan 4 s/d 6 Mei 2022. Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun 2022 ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan – penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik “, ucap Yusman Zega, A.Pi.,M.Si yang membacakan amanat Kapolri.

“ Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan euforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survey badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Walaupun situasi Pandemi Covid-19 di indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan Positivity Rate dan Bor rumah sakit berada dibawah standar WHO, namun perlu saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan idul fitri 1443 h/tahun 2022, sehingga diperlukan langkah sinergis dengan seluruh stakeholder agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 h/tahun 2022, dengan terus menggelar kegiatan Vaksinasi untuk mengejar target pada 30 april 2022, khususnya Wilayah Jawa dan Bali mencapai 100% untuk dosis 2, booster 30% dan lansia 70% disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan Bangsa Indonesia dari bahaya Pandemi Covid-19.

“ Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.SI, menyampaikan beberapa penekanan sebagai kunci keberhasilan dalam kegiatan operasi Ketupat Toba 2022 yang dibacakan oleh Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si yaitu sbb :
1. jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.
3. laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik. Kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. rekan- rekan adalah wujud representasi negara di tengah- tengah masyarakat.
4. gelar kekuatan polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.
5. lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur idul fitri 1443 h/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dll untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran covid-19 di area- area tersebut.
6. dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi peduli lindungi.
7. satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.
8. mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Akhir amanat Bapak Kapolri menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNIi-Polri, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalampelaksanaan operasi “ Ketupat-2022 ”, sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapasenantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar. semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa. (Humas Res Nias / yfh/Ram hulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.